Membahas Seputar Teknologi Terbaru Serta Tips Trik Gadget Android / iOS Dan Komputer

10 Cara Mengatasi Sayangnya Kamera Telah Berhenti di Android

10 Cara Mengatasi Sayangnya Kamera Telah Berhenti di Android

Cara Mengatasi Sayangnya Kamera Telah Berhenti di Android
Sayangnya kamera Telah Berhenti atau Kamera Gagal ( Unfortunately, Camera has Stopped ), Mungkin kalian pernah mengalami hal ini, tentu saja itu akan sangat menggangu, apa lagi jika kalian ingin mengabadikan sebuah moment yang indah atau sebuah momen yang tiba - tiba terjadi, tapi tiba - tiba saat ingin membuka kamera pada Smarthpone Android anda, malah muncul tulisan "Sayangnya Kamera Telah Berhenti atau Unfortunately, Camera has Stopped". 

Permasalahan - permasalahan tentang kamera ini tentu saja hampir sama dengan semua merek smartphone berbasis Android seperti Samsung, Xiaomi, Lenovo, Oppo, Axioo, Vivo bahkan LG. Pesan yang muncul pun ada yang sama dan ada yang berbeda seperti, "Sayangnya Kamera Telah Berhenti" , "Can't Connect to Camera" , "kamera gagal" , "Unfortunately, Camera Has Stopped" atau "Tidak dapat Terhubung ke Kamera". Setelah keterangan Tersebut, maka akan terjadi forced close pada kamera kalian. Tentu saja hal itu akan sangat - sangat menjengkelkan bukan, maka dari itu di artikel ini saya akan membuat tentang cara mengatasi hal tersebut dan mudah - mudahan artikel ini bermanfaat.

Baca juga Artikel Menarik Lainnya :


Apa Sih Penyebab Hal Tersebut ???

Sebelum membahasi bagaimana cara mengatasi hal tersebut, tentu kita harus pahami dulu, bagaimana hal tersebut bisa terjadi bukan?? ketika hal tersebut terjadi, penyebabnya kemungkinan adalah Ram Handphone anda terlalu banyak terpakai akibatnya saat membuka Kamera akan terjadi Forced Close. Ram penuh terjadi akibat anda terlalu banyak membuka aplikasi lain. Penyebab kedua bisa di akibatkan karena anda sudah melakukan Root Pada Smartphone android anda dan Penyebab ketiga jika Hardware kamera yang memang bermasalah maka semua langkah - langkah yang ada di bawa ini tidak akan bisa di  gunakan.

Cara Mengatasi Kamera Telah Berhenti :

  • Tutup Aplikasi Lain yang sedang Berjalan

    Jika anda ingin menggunakan Kamera, ada baiknya anda menghentikan aplikasi lain yang sedang berjalan di belakang layar (Backround). Kenapa harus dengan menghentikan Aplikasi, karena tujuan dari hal tersebut untuk memberikan dan meringankan beban Ram dan hanya tertuju kepada aplikasi kamera yang di buka.
  •  Hapus Cache Aplikasi Kamera

    Tips kedua ini juga tak kalah ampuh untuk mengembalikan kondisi kamera anda menjadi normal dan lancar kembali seperti sebelumnya dengan cara menghapus data cache pada aplikasi kamera anda. metode ini terbilang cukup ampuh karena prinsipnya mereset aplikasi kamera pada HP android anda sehingga aplikasi dan settingan kamera akan kembali ke pengaturan awal dan bisa digunakan kembali karena sudah bersih. Cara ini juga sebenarnya bisa digunakan untuk aplikasi yang lain jika di temukan error seperti keluar pesan “sayangnya telah berhenti”. Berikut langkah - langkah sederhananya:

    Caranya pun terbilang cukup mudah, Gunakan Fitur Clean Junk dan Phone Boost menggunakan Aplikasi Clean Master atau langsung masuk ke pengaturan terus cari aplikasi dan pilih kamera kemudia hapus Cache.
  •  Menonaktifkan dan Mengaktifkan Kembali kamera android

    Cara Yang ketiga ini cukup mudah dan terbukti pada beberapa Smartphone Android. Karena pada hakikatnya semua aplikasi yang ada di android bisa di nonaktifkan sementara sehingga akan membuat aplikasi kamera tersebut kembali menjadi Fresh lagi. Karena dengan mengnonaktifkan kamera, itu seperti merestart kembali kamera tersebut.

    caranya pun hampir sama dengan yang kedua yaitu anda masuk menu Pengaturan/Setting kemudian cari Menu Aplikasi, kemudian cari kamera setelah itu pilih Nonaktifkan setelah beberapa saat aktifkan kembali. 
  •  Paksa Berhenti dan Hapus Data

    Cara Mengatasi Sayangnya Kamera Telah Berhenti di Android - clear data
    Heyriad.com
    Jika cara di atas masih belum bisa memberikan efek bagus pada kamera android anda, kalian bisa mencoba cara ke empat ini. Ada baiknya aplikasi kamera yang not responding itu kalian tutup secara paksa dan menghapus data pada aplikasi kamera tersebut.

    Caranya hampir sama dengan yang kedua dan tiga, pertama kalian harus masuk menu pengaturan kemudia cari manajer aplikasi, kemudia cari aplikasi kamera yang bermasalah kemudian cari tombol paksa berhenti (Force Stop) dan Hapus data (Clear Data).
  • Hapus Aplikasi Kamera Lain Yang Terpasang

    Jika Kamera android anda mengalami Blank atau berwarna hitam, hal tersebut bisa terjadi karena ada beberapa aplikasi kamera yang anda instal melalui pihak ketiga hingga terjadi benturan antara aplikasi kamera bawaan pabrik dan yang anda instal. Meskipun aplikasi tersebut kompatibel dengan OS Android anda tapi mungkin tidak dengan hardware kamera di hp kalian. Jika begitu anda bisa mencoba menghapus aplikasi kamera lain tersebut.
  • Matikan Kemudian Restart pada Android

    Smartphone android yang jarang di Restart (di Muat Ulang) akan lebih mudah terjadinya Error pada aplikasi termasuk pada kamera yang error tersebut.

    Caranya anda bisa mematikan Smartphone android anda kemudian, anda lepas baterai jika bukan Baterai tanam, lepaskan Sim Card dan kartu memori. setelah itu nyalakan dan restart.
  • Update OS Android

    Salah Satu hal atau cara yang bisa dilakukan jika terjadi error tersebut dengan cara melakukan pembaruan (Update) pada OS Android. Tentu jika kita menggunakan OS yang baru otomatis berbagai pembaruan terhadap Bug telah d atasi.

    caranya melakukan pembaruan pun terbilang mudah, anda cukup masuk ke pengaturan kemudian cari tentang ponsel (About Phone) lalu Update System (System Update). walaupun dengan cara ini anda memerlukan jaringan untuk mendownload data baru tersebut.
  • Unroot Smartphone Jika dalam keadaan Root

    Cara ini bisa dilakukan jika HP anda dalam keadaan Root. Jadi Unroot HP android anda jika sebelumnya memang sudah pernah anda root, nah bisa jadi error ataupun hang karena root tersebut, ada baiknya anda kembalikan kondisi smartphone anda terlebih dahulu ke kondisi normal. Untuk melakukan Unroot biasanya pada aplikasi Root di smartphone yang sudah diroot tersedia pilihan yang bisa mengUnroot Android anda, semoga dengan cara ini kamera pada smartphone android anda bisa kembali berjalan dengan normal.
  • Factory Reset atau Hard Reset Android

    Cara ini adalah langkah terakhir jika semua cara di atas masih belum bisa. Cara ini terbilang sangat resiko karena akan menghapus berbagai data yang ada pada Smartphone android kalian, jadi ada baiknya sebelum melakukan Factory Reset kalian membackup data yang penting - penting. Tujuan dari Factory Reset ini yaitu mengembalikan Smartphone anda kembali ke keadaan Pabrik.

    Caranya pun terbilang mudah, anda hanya perlu masuk ke pengaturan, Kemudian cari backup dan reset, kemudia pilih Factory Reset. untuk Semua Smartphone mungkin caranya berbeda, tapi tempatnya tetap sama yaitu di pengaturan.
Semoga Cara - Cara di atas bisa mengembalikan Kamera Smartphon Android kalian kemballi ke keadaan semula. itulah 10 Cara Mengatasi Sayangnya Kamera Telah Berhenti di Android dan Selamat Mencoba,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar