Membahas Seputar Teknologi Terbaru Serta Tips Trik Gadget Android / iOS Dan Komputer

Apa yang terjadi pada akun media sosial (Instagram,Facebook,Twitter) yang pemiliknya meninggal???

Apa Yang Terjadi Pada Akun Media Sosial (Instagram,Facebook,Twitter) Yang Pemiliknya Meninggal???

apa yang terjadi pada medsos jika anda meninggal
Di Era teknologi seperti sekarang ini, hampir semua orang di indonesia mengenal yang namanya Smartphone mulai dari anak - anak hingga orang dewasa.

saat ini, di era media sosial yang menguasai industri digital menjadikan media sosial sebagai bagian hidup yang tak terpisahkan bagi sebagian orang.

Media sosial adalah sebuah kehidupan bermasyarakat yang di lakukan secara digital, di mana para pengguna dapat berbagi pesan ke orang – orang melalui fitur chat yang tersedia di media sosial tersebut atau juga pengguna media sosial tersebut bisa membagikan kegiatan tekrininya di media sosial untuk di ketahui banyak orang.

Baca juga : Bagaimana Cara Mempercepat koneksi internet android

Di media sosial juga dapat menyimpan berbagai kenangan yang pernah orang itu lakukan yang kemudian mereka upload seperti foto, video, pesan dan lain – lainnya. Di era sekarang ini ada banyak platform media sosial yang sangat populer seperti Facebook, instagram, Twitter, snapchat dan Path (Only Popular in Indonesia)

Di media sosial ini hal – hal yang pernah anda lakukan atau jejak digital anda akan terekam selama anda mengunggah berbagai hal atau sesuatu di media sosial ini, Tapi pernah kah anda berpikir apa yang akan terjadi pada media sosial anda jika suatu hari nnti anda meninggal dunia??? Penasaran ini yang akan terjadi pada akun media sosial anda jika anda meninggal dunia :

FACEBOOK

Facebook adalah media Sosial yang merupakan penyimpan arsip terbesar dari konten yang di upload. Namun adakah fitur yang terdapat di facebook untuk menghadapi situasi di kala pengguna tersebut telah meninggal dunia.

Yappp! Facebook memiliki sebuah fitur yang mampu menghadapi situasi tersebut, seperti profil kenangan (Memorialized) dan Kontak Ahli Waris (Legacy Contact).

Kontak ahli waris (Legacy Contact) di maksudkan jika suatu hari nanti sebelum anda meninggal dunia, Anda bisa mendaftarkan ahli waris untuk mewarisi akun facebook anda. Orang yang mewarisi facebok anda ini akan di berikan kewenangan untuk menggunakan akun anda dan mengubah akun anda menjadi akun memorial. Tapi si pewaris ini hanya bisa mengganti Gambar profil dari akun Facebook dan menerima teman baru. Mereka tidak di izinkan untuk membaca pesan – pesan yang ada dan membuat perubahan besar pada akun anda.

Fitur ini akan mampu memberikan ruang untuk keluarga, teman, sahabat untuk menuliskan rasa belasungkawa mereka di lini masa (Beranda) akun orang yang sudah meninggal tersebut. Pada profil memorial ini akan ada tulisan “remembering” atau “mengingat” di sebelah nama orang tersebut.
Untuk menetapkan siapa si ahli waris tersebut, Ahli waris setidaknya wajib berusia 18 Tahun ke atas dan harus di pilih sendiri oleh si pemilik akun yang saat ini masih hidup.

Adapun cara untuk menetapkan si ahli waris, Caranya :

  1. Anda Klik (Pilih) sebuah tanda panah ke bawah di bagian kanan atas pada beranda Facebook lalu klik (Pilih) Pengaturan/ Settings.
  2. Klik (Pilih) Mengelola Akun/ Manage Account
  3. Kemudian anda harus mencari dan menuliskan nama Teman Facebook anda yang akan di jadikan ahli waris.
  4. lalu selanjutnya anda kirim/ send agar teman anda tersebut mendapatkan notifikasi.
Apabila akun facebook tidak memiliki seorang ahli waris, maka pihak keluarga bisa meminta pihak facebook untuk mengubah status akun facebook yang sudah meninggal tersebut menjadi akun memorial atau mengahpus akun tersebut dengan mengirimkan permintaan memorialisasi di sini.

Instagram

Platform media sosial Instagram yang notabene adalah aplikasi untuk menggungah foto dan video pendek ini sekarang telah di miliki oleh facebook. Jadi kebijakan dari instagram ini hampir sama atau tidak jauh berbeda dengan Facebook tapi mempunyai proses yang lebih sederhana.

Di instagram, siapapun bisa melaporkan akun yang sudah meninggal tersebut meskipun mereka bukan teman dekat, keluarga, atau pacarnya. Tapi jika akun yang meninggal tersebut ingin di hapus, hanya keluarga dekat saja yang bisa meminta Instagram untuk menghapus akun instagram tersebut.
Mirip dengan Facebook, akun yang di laporkan meninggal dunia akan mendapatkan status memorial di akun tersebut. Jika anda ingin melaporkannya anda harus dengan bukti bukti yang akan di minta oleh pihak instagram. Jika akun tersebut sudah dalam keadaan status memorial maka instagram tidak akan mengizinkan siapapun untuk login ke dalam akun tersebut. Untuk melaporkannya anda bisa mengisi formulir di sini..

Sedangkan jika anda ingin mengahpus akun orang yang sudah meninggal, anda haruslah orang terdekat dari si almarhum tersebut karena untuk menghapus akun tersebut harus di lakukan oleh keluarga yang legal. Karena pihak instagram akan meminta beberapa dokumen resmi yang hanya di punyai oleh anggota keluarga seperti KK, akte kelahrian,dan akte kematian serta surat yang akan membuktikan bahwa anda adalah keluarganya. Untuk permintaan penghapus tersebut anda bisa mengisi formulir di sini.

Twitter

Platform Microblogging Twitter lebih terbatas terkait kebijakannya dalam menangani akun yang pemiliknya sudah meninggal. Di twitter tidak memiliki fitur Ahli Waris yang ada seperti di Facebook. Namun akun dapat di hapus oleh anggota keluarga seperti yang ada di Instagram, seseorang yang ingin menghapus akun orang meninggal tersebut haruslah keluarga atau kerabat yang bisa di konfirmasi kebenarannya agar dapat menghapus beberapa postingan atau akun twitter tersebut secara keseluruhan.

Adapun cara untuk anggota keluarga jika ingin menghapus akun twitter dari pihak keluarga yang sudah meninggal dengan cara mengisi Formulir dari pihak twitter dengan menyertakan berbagai surat yang di minta oleh pihak twitter seperti surat kematian. Hal tersebut di maksudkan untuk mencegah atau menghindari adanya pelaporan palsu yang di buat buat oleh pihak yang tak bertanggung jawab.

Berbeda dengan Instagram dan Facebook, pihak Twitter tidak akan memberikan izin untuk mengakses atau masuk ke dalam akun media sosial twitter orang yang sudah meninggal, biarpun anda mempunyai hubungan langsung dengan keluarga atau anda adalah bagia dari keluarga itu.
Untuk mengisi formulir pelaporan anda bisa masuk ke sini.

GMAIL

Gmail adalah layanan berkirim Email yang di kelola oleh Google Raksasa Search Engine dunia. Gmail tidak hanya sebatas untuk berkirm email tetapi gmail juga menjadi akun yang di gunakan untuk terhubung dengan berbagai layanan dari google, Seperti Google Plus, Youtube, Google hangout dan layanan google lainya.

Teruss, apa yang terjadi dan bagaimana nasib Akun Gmail kita jika sewaktu waktu kita meninggal dunia?

Anda tidak perlu khawatir, karena google akan menghapus akun Gmail anda jika anda meninggal dunia. Lantas, bagaimana cara Google mengetahui bahwa kita meninggal dunia? Cara Google mengetahui atau mendeteksi hal tersebut dengan cara mendeteksi kegiatan atau aktivitas yang berkaitan dengan akun Gmail anda. Mulai dari kapan terkahir kali anda Login, mengecek lokasi masuk di akun smartphone kamu, dan melalui riwayat browser.

Dan untuk membuat si mbah google tahu jika suatu saat anda meninggal dunia dengan cara, anda bisa mengisi dan mengatur Form pengelolaan akun Gmail. Di sini anda bisa mengisi data – datanya dan anda bisa mengisi kontak terpercaya jika anda meninggal di bisa mengunduh data – data penting dari GMAIL kamu.

Baca Juga : Cara Melindungi Akun Gmail Dari Hacker
                    Cara membuat desain poster tanpa ribet

LinkedIn

LinkedIn adalah salah satu platform profesional besar yang juga memiliki kebijakan jika suatu saat penggunanya meninggal dunia. LinkedIn bisa menutup sebuah akun jika suatu saat pengguna dari akun tersebut meninggal dunia jika LinkedIn memiliki informasi personal paling dasar dari pengguna dan juga sebuah tautan ke obituarinya juga hal yang berkaitan dengan tempat bekerja si pengguna.

Untuk mudahnya anda bisa memasukkan kontak orang yang anda kenal jika suatu saat anda meninggal dunia dan ingin segala sesuatu yang berkaitan dengan LinkedIn ini anda hapus, mau itu hal hal sensitif yang ada di dalam atau pesan yang perah ada pada akun ini.

Itulah yang terjadi jika suatu saat anda meninggal dunia, jika anda mempunyai hal - hal sensitif di akun anda, ada baiknya memilih seseorang yang sangat terpercaya untuk mengelola dan menghapus sosial media tersebut agar tidak di salah gunakan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar